Inilah Alasannya Ketika Kucing Mau Mati Kenapa Selalu Bersembunyi Dan Fakta Lainnya Dari Kucing


Siapa sih yang nggak gemes kalo lihat hewan berbulu dan suka bertingkah lucu ini, karena tingkahnya banyak banget yang menjadikan kucing sebagai peliharaan di rumah, tapi buat kalian pecinta kucing ternyata ada fakta-fakta unik seputar kucing yang wajib kalian ketahui, apa aja sih fakta-fakta uniknya, yuk simak ulasanya di bawah ini.

petfous.com
Kucing bersembunyi sebelum mati

Diantara kalian pasti pernah melihat bangkai kucing dijalanan kan gaes, tapi biasanya bangkai kucing itu tergeletak karena tertabrak mobil ataupun motor di jalan raya, bukan mati karena sakit gaes, terus kenapa ya bangkai kucing yang mati karena sakit jarang banget kita temuin. Nah, ternyata alasannya adalah kucing suka bersembunyi sebelum mati, hal ini pastinya jadi bikin banyak pertanyaan di masyarakat, kok bisa ya kucing bersembunyi sebelum mati, kenapa matinya nggak di tempat-tempat umum yang ramai.

Ternyata alasan kucing mendadak hilang sebelum ajalnya tiba ini udah diteliti oleh Desmond Morris seorang zoologi dan ahli etologi asal inggris. Dalam bukunya yang berjudul Cat World - A Feline Encyclopedia dijelaskan bahwa kucing nggak tau apa itu kematian, tidak seperti manusia yang punya firasat tentang kematian, alasan kucing pergi dan bersembunyi yaitu karena mereka merasa sakit dan rentan, dalam insting genetisnya kucing merasa rentan di serang predator ketika dia sedang sakit. Dalam siklus rantai makanan, predator biasanya menyerang mangsanya yang sedang rentan karena mereka adalah target yang mudah di dapat, jadi kucing menghilang dan bersembunyi sebelum mati soalnya mereka ingin sendiri gaes. Kucing yang lagi sakit parah biasanya suka diam di suatu tempat yang sunyi dan gelap. Nah, ditempat itulah mereka biasanya  mereka tidur tenang tanpa di ganggu oleh predator dan lama kemudian dia akan mati dengan tenang di tempat persembunyiannya.


Menggosokan kepala ke manusia atau benda

Pasti kalian pernah ngalamin yang satu ini nih gaes, biasanya kucing sering banget ngusapin kepalanya ke tubuh manusia atau benda disekitarnya. Tau nggak sh gaes kenapa kucing ngelakuin hal itu, itu karena mereka ingin menandai kalian dengan baunya, kucing akan menandai bau atau tempat tertentu sebagai wilayah mereka. Nah itulah sebabnya kalo kucing lagi mau duduk atau berdiri biasanya dia bakal ngendus ngendus atau nyium bau tempat tersebut. Selain itu tau nggak sih gaes kalo kucing suka menggosokan kepalanya ke kaki kalian, sebenernya ini tahap awal si kucing sayang sama kalian lo. Bahkan si kucing juga menandai hal ini sebagai pengingat kepada kita kalo dia belum di kasih makan atau di ajak main hari ini, jadi kalian jangan risih ya gaes kalo kucing kalian ngelakuin hal kaya gitu, dan jangan kalian tendang, jangan.


Jangan memotong kumis kucing

vetwest.com
Kalian jangan pernah coba-coba melakukan ini ya gaes, soalnya bagian ini penting banget buat si kucing, karena kumis kucing terhubung langsung dengan banyak saraf, makanya kumis kucing sangat sensitif sehingga dapat mendeteksi perubahan arus udara yang membantunya dalam berburu mangsa. Umumnya lebar kumis kucing sama kaya lebar tubunya gaes, karena itu kucing bisa menentukan dan menganalisa sebuah lubang, jika kumisnya tidak terlipat saat memasukan kepalanya kedalam lubang maka ia dapat masuk melalui lubang itu. Sebaliknya gaes jika kumisnya terlipat, kucing tau bahwa dia tidak bisa masuk ke dalam lubang. Nah kalo kalian memotong kumisnya jadi pendek bisa jadi kucing kalian bakal sering kejebak pada celah yang sempit.


Memakan rumput

Melihat kucing peliharaan kalian atau kucing liar sedang memakan rumput atau dedaunan kalian pasti pernah ya gaes, ternyata ini sengaja mereka lakukan lo gaes. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki sitem pencernaan mereka, selain itu dengan memakan rumput atau dedaunan ini akan membantu si kucing untuk mengeluarkan bulu yang ikut tertelan saat mereka membersihkan tubuh mereka. Nah bulu-bulu ini biasanya dimuntahkan oleh kucing menjadi bola bulu tuh gaes. Rumput bisa mendorong kucing untuk memuntahkan bola bulu dari tenggorokannya, jadi tenang aja ya gaes makan rumput nggak berbahaya kok buat kucing.


Mendeteksi gempa bumi

Kalian udah pada tau belum ternyata hewan lucu satu ini bisa mendeteksi gempa bumi lo. Ko bisa ya, kalian tau kan bagian bawah kaki kucing yang menyerupai bantalan kecil yang biasanya berwarna pink itu, bagian ini memiliki saraf yang sangat sensitif hingga dapat mendeteksi terjadinya gempa bumi, makanya kalo kalian perhatiin sebelum gempa bumi biasanya kucing suka bertingkah aneh dan gelisah.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Alasannya Ketika Kucing Mau Mati Kenapa Selalu Bersembunyi Dan Fakta Lainnya Dari Kucing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel